Rabu, 21 Januari 2009

Aplikasi Recovery Disk

Hari ini gw baca artikel di Lifehacker soal backup di Mac, and di bawah artikel itu ada link buat PC version dgn judul: Partition and Image Your Hard Drive with the System Rescue CD. System Rescue CD ? Apaan nih? Emang ada di Windows? Nah ini yg jd paradox.. System Rescue CD itu adalah LiveCD Linux yg udah di lengkapin berbagai tool untuk recovery data PC berbasis Windows (jadi ngingetin running Windows from CD a la Bart PE… but that’s another story).

Bagi yang belum ngerti apa itu HD (hard drive/disk) Image / Recovery, di kalangan warnet hal ini di kenal sebagai Deep Freeze or Ghost, so proses ini intinya menyimpan “snap shot” dari kondisi partisi (beserta data tentunya) dan di simpan ke dalam satu file image (kondisi melakuka snap shot terbaik adalah ketike system baru selesai di install Windows & aplikasi yg biasa di gunakan). Jika suatu saat system tidak stabil (bug/virus/etc) or rusak, kita bisa kembali ke kondisi awal dengan menggunakan image partisi tersebut. Seperti punya nyawa ke dua rasanya… Ini adalah hal pertama yg gw lakukan setelah install Windows + aplikasinya. So the next time itu PC rusak, gw tinggal restore image nya… Praktis bukan?

Catatan: Selalu simpan data di dalam partisi kedua (biasanya drive D), sehingga tidak hilang ketika image di-restore. Gunakan 3rd party software untuk me-“mirror” data Outlook/Outlook Express (jika tidak mau memindahkan default penyimpanan data ke partisi ke dua) dan bookmarks/profile dari Firefox.

Artikel di lifehacker tersebut cukup deskriptif dengan berbagai screen shot, namun gw melihat satu permasalahan utama: System Rescue CD (gw singkat SRCD aja ya) tidak user friendly untuk pengguna awam. Titik. Gw bukan masalahin Linux nya, tapi kalau elo pernah jalanin SRCD, loe pasti ngerti kalau SRCD tidak menggunakan desktop manager yg umum (KDE, Gnome, Xfce) so user gak bakal nemuin tampilan menu or taskbar. Buat user yang sudah tahunan make Windows, tentu akan pusing 7 keliling di berikan tampilan seperti ini.

So, apa bener2 perlu Linux untuk buat image partisi under Windows? Kan ada Ghost or TrueImage? Yang 2 ini program komersil, so otomatis gak masuk itungan gw (walau Acronis TrueImage tetep jadi andalan gw, tp for different purpose). Kenapa gak pake DriveImage XML yang gratisan? Terus terang gw udah pernah download ini program tapi, sampai saat ini blom sempet nyoba :-D Maybe next time gw coba bikin review-nya.

Nah, sekarang gw mau memberikan tips buat bikin Hard disk image/recovery secara GRATIS dan masih under Windows!! Tapi sayangnya, ini ada syaratnya…:

  1. Hard disk loe harus merk Seagate/Maxtor (untuk mengenali, klik kanan icon drive pada Windows Explorer dan klik Properties. Klik tab Hardware dan perhatikan nama disk. Hard disk Seagate bisanya di mulai dengan huruf ST). Kalau gak punya hard disk Seagate/Maxtor, bisa diakalin dengan menancapkan hard disk eksternal merk tersebut sementara.
  2. Operating System loe harus Windows Vista; yang ini optional. Kalau loe hanya punya 1 HD dengan 1 partisi, ini jadi wajib :-).

So, mari kita mulai tip & tricks ini:

Langkah 1: Siapkan Ruang di Hard Disk
Karena kita akan membuat “image” dari sebuah partisi, otomatis kita tidak bisa menyimpan file hasil image tersebut di partisi yang sama. So, minimal kebutuhan untuk tips ini adalah hardi disk (satu buah) dengan 2 partisi atau 2 buah hard disk (berbeda ukuran tidak masalah). Kalau PC or notebook baru loe hanya memiliki 1 partisi dan sudah menggunakan Vista, ada cara mudah membuat partisi ke dua menggunakan fitur Shrink Volume built in Vista.

shrink_volume.jpgKlik tombol Start dan ketik “Computer Management” pada search field (atau klik kanan icon My Computer dan pilih Manage). Klik Disk Management (di bawah Storage) untuk melihat konfigurasi semua har disk pada system. Shrink Volume dapat di panggil ketika meng klik kanan sebuah partisi atau klik Action > All Tasks > Shrink Volume ketika memilih salah satu partisi. Fitur ini otomatis “menyusutkan”partisi yang ada ke ukuran minimal yang mungkin (tergantung isi dari hard disk). Setelah partisi di susutkan (kurang lebih 40 GB maka akan ada ruang yang tersisa untuk membuat partisi baru.

Langkah 2: Download dan install Seagate DiscWizard
disc_wizard.JPG Download DiscWizard dari website Seagate, kurang lebih 102 MB. Wah gede banget ya? Tapi gak rugi kok download ini! Kenapa? Karena Seagate DiscWizard ini sebenernya Acronis TrueImage yang diberi merk Seagate! Nah kapan lagi bisa punya TrueImage gratisan? Emang sih versi Seagate ini ada keterbatasan fitur2nya, tapi fitur2 tsb gak begitu essential (seperti backup folder tertent, backup setting aplikasi, dan backup email) atau bisa digantikan oleh program freeware lainnya.

Walau di website Seagate ada software MaxBlast untuk hard disk Maxtor (Maxtor di akusisi Seagate beberapa tahun yang lalu), namun DiscWizard bisa digunakan untuk kedua merk hard disk tsb.

Langkah 3: Buat image dari Partisi C (atau partisi lainnya)
Jalankan DiscWizard dan pilih menu Image Backup, dan ikutin step-by-step wizard yang muncul. Simpan Image ini ke partisi kedua atau hard disk external. DiscWizard juga memiliki kemampuan backup langsung ke CD/DVD tapi gw gak pernah nyoba.

Catatan: image hasil backup partisi utama (drive C) Vista bisa memakan tempat sekitar 10 GB atau lebih (tergantung banyaknya aplikasi yang diinstall). Pastikan partisi loe memiliki space yang cukup.

Kalau ini pertama kali loe bikin image, pilih opsi Full Backup. Selanjutnya bisa memilih Incremental/Differential Backup.

Langkah 4: Buat Bootable Media (CD Bootable)
Buat apa sih bikin CD Bootable? Just in case in emergency dan PC loe gak bisa booting, loe cukup masukin CD ini dan restore image menggunakan CD ini. Mantab kan? CD ini juga bisa digunakan untuk membuat image, tapi lebih lamban di banding versi under Windows nya.

Klik menu Create Bootable Media dan pilih semua aplikasi (sekitar 47,5 MB so cukup banget buat 1 CD). Berikutnya loe akan ditawarin opsi untuk mem-burn langsung atau hanya membuat file ISO (yg nantinya bisa di burn ke CD dengan Nero atau software pembakar freeware favorit gw: InfraRecorder). Simpan CD ini baik2, karena entah kapan loe bakal butuh ini CD.

Nah simple kan?

Sebagai catatan, DiscWizard/TrueImage juga memiliki fitur lainnya seperti Clone Disc (kalau punya hard disk baru dan mau mindahin semua data/instalasi Windows tanpa harus install dari awal) dan Add New Disc (bikin partisi untuk hard disk baru). Selain itu loe juga tetep bisa mengakses file individual dalam Image tanpa harus me-restore Image secara keseluruhan dengan menggunakan fitur Image Restore atau Mount Image Backup (image di mount dan akan tampil sebagai drive tersendiri, misalkan drive E). Keren kan?

Pokoknya, kalau loe punya hard disk Segate/Maxtor, gak ada ruginya deh download ini program!



Aplikasi My Recovery


Aplikasi My Recovery disediakan oleh Fujitsu untuk melakukan backup OS dan aplikasi. Ada 3 fungsi menu aplikasi ini: Backup, Restore, dan Manage. Khusus untuk Manage maka akan muncul My Recovery Manager

Menu Backup dan Restore di My Recovery

Mempunyai fungsi membuat salinan dari semua yang ada di partisi C ke partisi D. Semua itu artinya OS Windows Vista maupun semua aplikasi maupun data yang ada di partisi C. Ini tentunya berguna untuk kita sehari hari kita karena bila ada gangguan di aplikasi maupun Windows, maka dalam waktu kurang dari 30 menit (Tambah.info tidak mencoba), kita bisa kembali beraktifitas di notebook kita.

Bila kita adalah pengguna di perusahaan dengan staf pendukung teknis, maka salinan seperti ini juga yang kerap kali mereka buatkan untuk kita. Fujitsu kelihatannya memang menyediakan aplikasi seperti ini kepada semua pengguna notebooknya. Kita diuntungkan karena kita tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli aplikasi




Menu Manage di My Recovery

Mempunyai fungsi membuat Recovery Disc untuk nantinya dipakai untuk mengembalikan notebook kekeadaan semua seperti saat kita membeli notebook ini. Hal ini biasanya dilakukan bila hard disk kita rusak atau pada saat kita mengalami gangguan fatal di OS Windows Vista kita. Dalam hal ini semua aplikasi yang telah terpasang sebelumnya di notebook akan hilang dan kita harus melakukan instalasi ulang untuk semua aplikasi yang kembali kita akan pakai.




Aplikasi Lain

Fujitsu menyediakan aplikasi pendukung lainnya seperti: Softex Omnipass fingerprint security software, Cyberlink PowerDVD, Cyberlink PowerProducer, Roxio Easy Media Creator (CD/DVD writer), ArcSoft Webcam Companion, Adobe Acrobat Reader, ujicoba Office 2007 60-hari, Norman Anti Virus.

11 komentar:

danu mengatakan...

Rinci banget nih artikel.

www.datarecoverydownload.blogspot.com

Anonim mengatakan...

The other day, while I was at work, my cousin stole my apple ipad and
tested to see if it can survive a 40 foot
drop, just so she can be a youtube sensation. My apple ipad is now
broken and she has 83 views. I know this is totally off
topic but I had to share it with someone!

Feel free to visit my web site white kidney bean extract

Anonim mengatakan...

Wе absolutеlу lоve your blog and find mаny of your рost's to be what precisely I'm looking fοr.

Would you offer gueѕt writers to writе contеnt in your case?

I wouldn't mind producing a post or elaborating on a few of the subjects you write with regards to here. Again, awesome blog!

Stop by my page - Daniel Chavez Moran

Anonim mengatakan...

An intriguing discussion is worth comment. I believe that you ought
to write more on this topic, it may not be a taboo matter
but typically folks don't talk about such subjects. To the next! Kind regards!!

my website; Green Coffee Bean

Anonim mengatakan...

This is really interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your feed and look forward to seeking more of your fantastic post. Also, I've
shared your website in my social networks!


Also visit my web-site :: http://info.chimney.se/groups/hm/wiki/d3d92/White_Kidney_Bean_Extract.html

Anonim mengatakan...

You actually make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be really something that I
think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me.
I am looking forward for your next post, I'll try to get the hang of it!

My web blog - genf20 plus

Anonim mengatakan...

What's Going down i'm new to this, I stumbled upon this I've discovered It positively helpful and it has aided me out loads. I am hoping to contribute & aid other customers like its helped me. Good job.

My page Natural Cleanse Weight Loss

Anonim mengatakan...

For most up-to-date news you have to visit world-wide-web and on web I found this site as
a most excellent website for most recent updates.

Also visit my homepage; venapro hemorrhoids solution

Anonim mengatakan...

Hi every one, here every one is sharing these experience,
so it's pleasant to read this blog, and I used to visit this webpage all the time.

Also visit my web page ... www.Productrealizationgroup.com

Anonim mengatakan...

I like the helpful information you supply to your articles.
I will bookmark your weblog and test once
more here frequently. I am rather sure I will learn many new stuff proper right here!
Best of luck for the following!

my web blog ... buyproactol.beep.com

Anonim mengatakan...

Hi there! This blog post couldn't be written much better! Looking at this article reminds me of my previous roommate! He always kept preaching about this. I'll
send this article to him. Pretty sure he will have a good read.
I appreciate you for sharing!

my weblog; Natural Cleanse Diet

Tiyo57