Minggu, 22 Maret 2009

Service Pack 3 dan Membuat CD XP Bootable

‘Slipstreaming Service Pack’ merupakan proses untuk mengintegrasikan Service Pack (SP) ke dalam instalasi, sehingga setiap instalasi Operating System (OS) baru dan SP diinstall pada saat yang sama.

‘Slipstreaming’ biasanya digunakan pada sharing network pada corporate system, tapi juga memungkinkan untuk home user atau small bussiness user.

Microsoft menambahkan kemampuan slipstream service pack pada windows XP, sehingga user tidak perlu menginstall Service Pack lagi. Mungkin sering kamu jumpai CD XP dengan dilengkapi dengan Service Pack 3 di pusat-pusat komputer / toko CD-DVD.

Pernahkah terlintas rasa ingin tahu untuk membuat CD XP Service Pack 3 sendiri ???

Berikut adalah cara membuat CD XP SERVICE PACK 3 (Slipstreaming Windows XP Service Pack 3) :

  1. Download Service Pack 3 (English version [316.4 MB]), dan simpan ke direktory (folder) pada hardisk (misal: E:\XP-SP3).
    Note: Nama Folder Jangan Menggunakan SPASI
    -
  2. Selanjutnya , buat Folder baru (misal: E:\XP-CD), dan copy semua isi pada CD Windows XP installer ke folder tersebut
    -
  3. Lalu,buka Command Prompt (Start > Run > cmd), dan pergi ke direktori/folder dimana SP3 disimpan (cd E:\ lalu cd E:\XP-SP3). Ketikkan command berikut: servicepack_filename /integrate:drive:\path.
    #
    Dalam hal ini: WindowsXP-KB936929-SP3-x86-ENU.exe /integrate:E:\XP-CD. slipstream integrate-sp3
  4. Jika error : ” This Service Pack cannot be integrated into a destination that also has integrated Software Updates. Consult the Service Pack documentation for more details about supported integration scenarios.”
    maka CD yang kamu pakai harus diganti dengan CD Installer XP yang benar-benar belum ada Update Service Packnya.
  5. Jika berhasil maka akan terlihat tampilan sbb :
    slipstreaming proses
    slipstreaming selesai
  6. Membuat CD BOOTABLE
    Dalam hal ini diperlukan CD Bootable XP dan juga digunakan software ISOBUSTER (untuk mengambil image bootable dari CD XP) & NERO BURNING.Masukkan CD Windows XP bootable, lalu jalankan ISOBUSTER. Pilih “Folder Bootable CD”, dan klik kanan di Microsoft Corporation.img , lalu pilih menu ‘Extract Microsoft Corporation.img’ dan ekstract pada folder dimana file WIndows XP disimpan. (misal : E:\XP-CD)
  • Selanjutnya, jalankan nero Burning ROM ,dan pilih CD-ROM(Boot) pada ‘New Compilation Window’.
    Pada Tab Boot, pilih ‘image file’ pada kolom ‘Source of Boot Image Data’ dan browse ke lokasi menyimpan ‘Microsoft Corporation.img’.
    Dan juga aktifkan (enable) Expert Setting, pilih ‘No Emulation’, dan rubah ‘Number of loaded sector’ menjadi 4 (selain itu tidak akan bisa booting)

  • Selanjutnya tekan ‘New’ dan dari File Browser window, pilih file-file dan folder tempat menyimpan slipstream installer XP (misal : E:\XP-CD).
    Drag & Drop semua file dan folder ke Window ISO1.Burn CD Baru tersebut.Kamu sekarang mempunyai Bootable, Slipstreamed Windows XP Service Pack 3 CD.
- Membuat cd bootable dengan Nlite
- Membuat c bootable dengan Ultra iso

Tidak ada komentar:

Tiyo57