Kamis, 10 April 2008

Karikatur Nabi




KARIKATUR NABI DI DENMARK MEMBUAT MARAH KAUM MUSLIMIN DIDUNIA
Redaksi
Kamis, 13 Maret 2008

ImageDenmark, Alislamu.com -- Menyusul penayangan kembali kartun Nabi Muhammad saw. di koran-koran Denmark, kaum muslimin di belahan dunia marah dan protes keras. Terlebih lagi, di Belanda, pemimpin partai PVV, Geert Wilders, berencana menayangkan film anti Al-Qur’an.

Di Pesawar, Pakistan, ratusan kaum muslimin berdemontrasi dan membakar koran-koran Denmark. Pihak kepolisian berusaha membubarkan para demonstran di tiga penjuru di perbatasan provinsi bagian utara dan barat. Mereka menggunakan pentungan dan menyemprotkan gas air mata.

Di Povinsi Thahran, Iran, ratusan mahasiswa berdemontrasi di depan kedutaan Denmark. Mereka menggangkat bendera dan memprotes pemuatan gambar yang menghina Nabi Muhammad saw. Mereka berorasi dengan empat bahasa: Arab, Inggris, Prancis, dan Ordo. Mereka menuntut penghinaan terhadap Nabi saw. itu segera dihentikan.

Di Ordo, berbagai lembaga, koran, dan internet menyebar 500.000 poster yang berisi seruan untuk memboikot produk dari Denmark. Salah seorang tokoh Ordo, Zakariya, mengatakan, “Rasullah telah menyatukan kita, menyatukan sekitar 30 surat kabar, internet, dan radio, semuanya bersatu menyerukan untuk memboikot produk dari Denmark.”

Di Denmark sendiri, media elektronik, terutama TV, berusaha menutup-nutupi berbagai demontrasi yang terjadi di berbagai dunia Islam.

Seperti telah diberitakan, karikatur itu sebelumnya muncul di Denmark pada 19 Agustus 2005 pada surat kabar daerah, Nerikes Allehanda. Karikatur buatan seniman Lars Vilks itu menggambarkan kepala Muhammad saw. dengan berbadan anjing. Redaktur Nerikes Allehanda, Ulf Johansson, menyetujui menerbitkan kartun itu dengan alasan sejalan dengan kebebasan berbicara dan kebebasan pers. (ist, berbagai sumber/fani)

Tidak ada komentar:

Tiyo57